ebook komputer, laptop, jaringan, printer, elektronika
Home » » MacBook Pro dengan Ubuntu 10.04 Live CD

MacBook Pro dengan Ubuntu 10.04 Live CD

Beberapa hari yang lalu, saya diminta oleh seseorang yang saya kenal di Warkop Pettarani untuk memperbaiki laptop MacBook Pro miliknya. Kerusakannya yaitu, laptop tersebut tidak bisa masuk ke Operating System Mac OS X. Saya sudah coba mengunduh OS lewat torrent dari Piratebay.org, tetapi tidak bisa booting. Saya salah memilih torrent, karena setelah saya burning ternyata tidak terdeteksi isinya.

Awal melihat laptop ini, ketika pemiliknya tidak bisa mengkoneksikan wifinya atau dalam istilah Mac, Airport. Waktu saya menyetel koneksi Airport laptop ini, saya menemukan kemiripan dengan Ubuntu. Saya semakin yakin dengan menginstal Ubuntu versi terbaru 10.04 Lucid Lynx lewat Windows Xp menggunakan Wubi. Dan ternyata mirip. Saya pun semakin ingin mengenal kembali distro Linux ini. Saya sempat membaca skema asal usul dibawah ini,

















Saya pun berpikir, wah ternyata Mac OS X ama Linux mempunyai asal yang sama. Saya langsung mencoba Ubuntu di laptop Macbook itu. Pertama saya coba dengan memilih versi Live CD. Biar dapat mengecek kecocokan perangkat kerasnya terutama wifi. Karena pemiliknya orang yang mempergunakan laptop hanya untuk online. Kebetulan saya sudah menerima CD Ubuntu yang saya pesan Shipping lewat Ubuntu.com, situs resmi dari Ubuntu. Saya memasukkan CD Ubuntu, menyalakan laptop tersebut. Kemudian tekan tombol C, agar boot lewat CD. menunggu sampai muncul jendela seperti dibawah ini,
















Saya klik Try Ubuntu 10.04, menunggu lagi hingga muncul tampilan desktop. Terlihat seperti gambar dibawah ini,













Awalnya, wifi tidak terdeteksi. Tetapi muncul icon Hardware Drivers, saya klik kemudian mengaktifkan wifi Broadcom laptop ini. Alhasil, saya pun mempergunakan laptop ini untuk online sekaligus memposting artikel ini.

1 comment:

  1. kunjungan balik..

    Wah keren MacBook Pro dengan Ubuntu....
    jadi pingin juga MacBooknya, kalo Ubuntunya sih sudah punya..

    BalasHapus

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online