ebook komputer, laptop, jaringan, printer, elektronika
Home » » Enzim

Enzim

Enzim berasal dari bahasa Yunani yang artinya di dalam sel. Enzim adalah protein yang tersusun oleh untaian asam amino yang panjang, dimana antara yang satu dengan yang lainnya dihubungkan dengan ikatan peptida. Enzim terdapat dalam semua sel makhluk hidup dan mengerjakan proses yang vital, mengatur proses metabolisme. Enzim adalah protein yang merupakan katalisator untuk reaksi-reaksi kimia pada sistem biologi. Sebagian reaksi kimia sel-sel hidup akan berlangsung sangat lambat bila reaksi tersebut tidak dikatalis oleh enzim. Berbeda dengan katalisator nonprotein, tiap-tiap enzim mengkatalis sejumlah kecil reaksi, kerap kali hanya satu. Jadi enzim adalah katalisator untuk reaksi yang spesifik. Pada hakekatnya semua reaksi biokimia dikatalis oleh enzim.



Kemampuan enzim untuk mengkatalis satu reaksi spesifik dan pada hakekatnya tidak mengkatalis reaksi lain, hal ini merupakan sifat enzim yang paling utama. Kecepatan metabolik enzim, akan tetapi sebagian besar enzim dapat mengkatalis jenis reaksi yang sama (pemindahan fosfat, oksidasi-reduksi, dsb) dengan substrat yang strukturnya mempunyai hubungan satu sama lain.

Dari beberapa uraian di atas maka dapat dituliskan bahwa sifat-sifat umum enzim adalah (Yunita, 2006) :
  1. Enzim berfungsi menggiatkan atau kadang-kadang memulaikan suatu proses Enzim bekerja secara khusus untuk pengubahan suatu zat tertentu diperlukan enzim tertentu pula
  2. Enzim merupakan suatu protein, yaitu suatu susunan koloid
  3. Banyak enzim dapat bekerja bolak-balik
  4. Enzim tidak tahan terhadap temperatur yang agak tinggi. Kegiatan enzim sangat dipengaruhi oleh suhu. Di bawah temperatur maksimum, kenaikan temperatur berarti bertambah giatnya kegiatan enzim. Aktivitas enzim dipengaruhi oleh pH, konsentrasi, suhu, subsrat, dan inhibitor.

1 comment:

  1. wah cukup menarik :) untuk artikel tentang enzim selengkapnya silakan kunjungi Enzim - Sains Ph.D

    BalasHapus

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online